Repository
STIKES Ahmad Dahlan Cirebon


Tugas Akhir Mahasiswa

Hasil Penelitian Mahasiswa



Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

  • Kategori : TA Mahasiswa
  • Penulis : Muammar Syah Zihan
  • Identitas : 19031- D III Keperawatan
  • Abstrak :

    Mutu pelayanan kesehatan merupakan segala hal yang meliputi kinerja yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan. Kepuasan merupakan perbandingan antara kualitas jasa pelayanan yang didapat dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan. Mutu akan sangat bergantung kepada sudut pandang konsumen atau pelanggan, dengan kata lain salah satu penentu apakah suatu produk itu bermutu adalah pelanggan. Tujuan dari literature review ini untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Dalam pencarian sumber data artikel dilakukan melalui database Google Scholar, Publish or Perish dan Mendeley. Inklusi study design dengan menggunakan Literature Review. Hasil review jurnal oleh peneliti didapatkan 36,4% mutu pelayanan paling dominan di pengaruhi oleh dimensi daya tanggap (responsiveness), 27,3% paling dominan dipengaruhi jaminan kepastian (assurance), 18,2% paling dominan dipengaruhi dimensi bukti fisik (tangible) dan dimensi empati (empathy), kemudian dimensi yang tidak dominan tetapi berpengaruh terhadap mutu pelayanan adalah kehandalan (reliability). Sedangkan dari aspek kepuasan didapatkan 91% tingkat kepuasan pasien dengan dengan rata-rata tinggi dan 9,1% dengan rata-rata kepuasan rendah. Terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien

Preview

Laman Terkait

SINTA

Science and Technology Index (SINTA)

GARUDA

Garba Rujukan Digital (GARUDA)

RAMA

Repository Penelitian Dosen & Mahasiswa

ARJUNA

ARJUNA Akreditasi Jurnal Nasional